Resiko Kekurangan zinc Mempengaruhi Seluruh Tubuh

    Mengenal jenis mineral zinc atau seng dalam tubuh

Saya merasa ironis bahwa saya kekurangan zinc (vitamin seng) selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya… terutama karena saya telah menulis makalah biologi senior tentang fungsi seng dalam biologi manusia.

menegenal jenis makanan pengasil zinc
vitaminone.my.id


Seperti magnesium , saya tahu banyak cara fungsi zinc di dalam tubuh, tetapi saya berasumsi bahwa saya memperoleh cukup dari makanan. Banyak makanan olahan yang diperkaya dengan seng, dan itu juga terjadi secara alami dalam makanan seperti tiram, daging sapi, ayam, biji labu, domba, bayam, dan yogurt.


Peran zinc dalam Tubuh

zinc adalah jenis mineral utama ( bersama dengan magnesium ), dan dibutuhkan untuk banyak reaksi di dalam tubuh. Tidak seperti vitamin yang larut dalam lemak, zinc tidak disimpan dalam waktu lama di dalam tubuh, jadi kita membutuhkan pasokan zinc berkualitas secara konstan dari makanan kita.


Kita tidak membutuhkan zinc dalam jumlah besar setiap hari, tetapi sangat penting agar kita mendapatkan cukup zinc. zinc secara teknis merupakan elemen jejak penting yang penting untuk:

  • Fungsi kekebalan yang tepat
  • Kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut
  • Metabolisme makanan dan penyerapan nutrisi lainnya
  • Keseimbangan hormon
  • Kesehatan usus
  • Kejernihan mental
  • Penyembuhan luka
  • Sintesis DNA
  • Kesehatan mata
  • Pembelahan sel yang tepat (salah satu alasan penting selama kehamilan)
  • Bahkan rasa dan baunya cukup

Kita tahu bahwa zinc terlibat dalam ribuan reaksi di dalam tubuh dan penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa zinc mungkin penting dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis virus dan kanker.


zinc sangat penting untuk kesuburan dan selama kehamilan dan saat menyusui, meskipun wanita hamil dan menyusui serta bayi kecil mungkin paling berisiko mengalami kekurangan zinc.


Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa zinc sangat penting untuk menghindari persalinan prematur dan berat lahir rendah pada bayi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.


Sekitar 90% seng tubuh ditemukan di otot dan jaringan tulang, sehingga sulit untuk menguji kekurangan seng.


Faktanya, seng plasma hanya membentuk sekitar 0,1% dari seng dalam tubuh. Saat dikonsumsi, seng diserap di usus kecil. Itu kemudian diekskresikan melalui kulit, ginjal, dan usus.


Tanda-tanda Kekurangan Seng

Seng mungkin menjadi masalah yang lebih besar di seluruh dunia daripada yang diperkirakan.


Meskipun kekurangan seng yang parah dapat menyebabkan berbagai gejala ekstrim, para peneliti memperkirakan bahwa sebagian besar penduduk dunia mungkin mengalami kekurangan seng ringan.


Wanita hamil dan menyusui dianggap berisiko lebih tinggi mengalami defisiensi seng (dan inilah alasan saya untuk kekurangan zat besi), begitu pula mereka yang memiliki masalah usus, bayi yang lahir prematur, atau mereka yang telah mengonsumsi makanan tinggi biji-bijian atau vegetarian (terutama untuk waktu yang lama) waktu).

Mereka yang menderita penyakit hati atau ginjal, diabetes, penyakit gastrointestinal dan mereka yang mengonsumsi zat besi dalam jumlah besar juga berisiko.

Meskipun gejalanya bervariasi, ini sering kali terkait dengan kekurangan seng:

  1. Memori yang buruk
  2. Sistem kekebalan yang lemah atau penyakit ringan yang terus-menerus seperti pilek
  3. Kehilangan rasa atau bau
  4. Masalah tidur (seng dibutuhkan untuk membuat melatonin)
  5. Rambut rontok
  6. Kehilangan selera makan
  7. Libido rendah
  8. Diare
  9. Kabut otak
  10. Penyembuhan luka yang lambat
  11. Bintik putih di kuku
  12. Dalam kasus yang parah: retardasi pertumbuhan pada anak-anak

Teks medis menjelaskan bahwa kekurangan seng mungkin sulit untuk didiagnosis, karena kadar seng plasma / serum belum tentu merupakan ukuran yang baik dari kadar seng tubuh dan bahwa tanda-tanda kekurangan seng dapat muncul bahkan dengan hasil laboratorium normal. Oleh karena itu, dokter seringkali mendiagnosis defisiensi seng hanya berdasarkan gejala.


Seng dan Kehamilan

Seng sangat penting untuk pra-konsepsi, kehamilan, dan menyusui. Ini memainkan peran penting dalam pembelahan sel dan sementara para peneliti tidak sepenuhnya memahami caranya, itu juga tampaknya mendukung kehamilan penuh dan mengurangi kejadian persalinan prematur pada beberapa wanita.


Satu teori menyatakan bahwa seng sangat penting untuk menyeimbangkan hormon yang berkontribusi pada persalinan, sementara teori lain menunjukkan bahwa peran seng dalam menjaga fungsi kekebalan membantu mengurangi kejadian infeksi rahim atau infeksi lain yang dapat menyebabkan persalinan prematur.


Karena seng diperlukan untuk asimilasi nutrisi lain yang tepat, mungkin juga seng membantu ibu mempertahankan status gizinya secara keseluruhan selama peningkatan kebutuhan nutrisi ini.


Untuk alasan ini, saya menemukan bahwa penting untuk melengkapi dengan seng sebagai bagian dari keseluruhan rencana nutrisi yang mencakup nutrisi sinergis dan berbagai macam makanan padat nutrisi.


Ironisnya, sarapan sereal dan oatmeal yang diperkaya (dan pada tingkat yang lebih rendah, coklat) adalah sumber seng yang sangat baik, dan banyak wanita (termasuk saya) melaporkan keinginan makanan ini selama kehamilan.


Jumlah Seng yang Direkomendasikan

Seperti banyak hal dalam hidup, lebih banyak belum tentu lebih baik. Seng dibutuhkan dalam jumlah tertentu dan ekstrim (terlalu banyak atau terlalu sedikit) bisa berbahaya.


Faktanya, National Academy of Sciences menetapkan RDA minimal 8 mg / hari dan maksimal 40 mg / hari dari semua sumber untuk wanita di atas 18 tahun:


RDA harian untuk Asupan Seng

Sumber: https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/#h8

Di dunia yang sempurna, jumlah ini dapat diperoleh dari makanan, meskipun karena kualitas tanah yang menipis dan faktor makanan lainnya, hal ini tidak selalu memungkinkan.


Penting untuk tidak melengkapi dengan seng tanpa berkonsultasi dengan praktisi kesehatan, karena mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penurunan kadar zat besi dan tembaga dalam tubuh dan dalam kasus yang parah bahkan muntah dan masalah GI (meskipun ini biasanya hanya ditemukan pada mereka yang mengonsumsi 100 -200 mg seng per hari atau lebih dan umumnya tidak dianggap sebagai masalah seng makanan).


Makanan Tinggi Seng

Mendapatkan nutrisi dari makanan itu penting dan bahkan suplemen terbaik tidak dapat menggantikan diet padat nutrisi (meskipun beberapa orang merasa perlu untuk melengkapi nutrisi tertentu jika terjadi kekurangan).


Bagi kebanyakan orang dewasa yang mengonsumsi makanan berkualitas tinggi yang bervariasi, seng harus diperoleh dari makanan, terutama jika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung seng paling tinggi, seperti tiram dan daging.


Tiram adalah sumber seng alami tertinggi dengan 10x tingkat seng dari sumber tertinggi berikutnya (daging sapi) .


Faktanya, satu tiram mengandung cukup seng untuk memenuhi konsumsi harian yang direkomendasikan dan satu porsi tiram 3 ons mengandung 74 mg seng dibandingkan dengan 7 mg dalam 3 ons daging sapi.


Sumber jenis vitamin zinc seng dalam makanan termasuk:

  1. Hati sapi - sekitar 10 miligram per 3 ons
  2. Biji Labu - Sekitar 9 miligram per 3 ons
  3. Tahini - sekitar 9 miligram per 3 ons
  4. Cokelat Hitam - 8-9 miligram per 3 ons
  5. Kepiting - 6,5 miligram per 3 ons
  6. Lobster - 3,4 miligram per 3 ons
  7. Daging babi - 2,9 miligram per 3 ons
  8. Kacang - 2,9 miligram per 3 ons
  9. Daging ayam gelap - 2,4 miligram per 3 ons

Sumber makanan lain yang lebih rendah termasuk yogurt dan produk susu, kacang mete, dan oatmeal. 

Penting juga untuk diperhatikan bahwa banyak makanan, seperti biji-bijian, mengandung fitat yang mengikat seng, membuat makanan ini menjadi sumber seng yang lebih rendah dan terkadang mengganggu kadar seng dalam tubuh.


Ini adalah salah satu alasan konsumsi jangka panjang dari diet tinggi biji-bijian atau vegetarian dianggap sebagai faktor risiko kekurangan seng.


Catatan pribadi: Ketika saya berjuang dengan kekurangan seng yang tidak diketahui, saya menemukan bahwa saya mendambakan tiram, coklat, dan sereal, terutama saat hamil. 


Meskipun saya masih menyukai tiram dan cokelat, rasa mengidam ini hilang ketika saya mengatasi kekurangan seng dengan naturopath saya.


Suplemen Seng: Ya atau Tidak?

Itulah pertanyaannya. Dan jawabannya adalah bahwa itu tergantung dan bahwa seseorang harus berkonsultasi dengan praktisi, dokter, atau bidan yang berkualifikasi sebelum membuat keputusan itu. Beberapa saat ketika suplementasi seng sering direkomendasikan adalah:


Dalam kasus pilek dan flu:  Seng dianggap sebagai obat untuk pilek dan flu dan sering direkomendasikan untuk mempersingkat durasi penyakit.


Karena seng diperlukan untuk fungsi kekebalan yang tepat, ini masuk akal. Sebuah tinjauan Cochrane menemukan bahwa suplemen seng mengurangi keparahan dan durasi penyakit ketika dikonsumsi segera setelah penyakit dimulai, meskipun tentu saja, penting untuk tidak melebihi batas atas untuk asupan seng.


Studi plasebo double-blind acak lainnya menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi tablet hisap zinc acetate memiliki durasi pilek yang secara signifikan lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo. ( sumber )


Diare pada anak-anak:  Tidak terlalu menjadi perhatian di AS, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan suplementasi seng untuk anak-anak dengan diare akut, terutama di negara berkembang, karena ini adalah penyebab utama kematian pada anak-anak di seluruh dunia.


Dalam kasus ini, WHO merekomendasikan suplementasi seng hingga dua minggu dengan dosis 20 mg dua kali sehari untuk anak di atas 6 bulan, atau 10 mg dua kali sehari untuk anak di bawah 6 bulan. ( sumber )


Risiko pneumonia:  Tinjauan Cochrane lain menemukan bahwa anak-anak di bawah usia 5 tahun yang berisiko pneumonia mendapat manfaat dari suplementasi seng dan melihat lebih sedikit kasus pneumonia dan lebih sedikit kematian yang terkait dengannya. ( sumber )


Penting juga untuk memilih sumber seng berkualitas tinggi untuk suplementasi jika diperlukan.


Tubuh hanya dapat dengan mudah menyerap bentuk seng tertentu yang terikat dengan mineral lain. Dalam makanan, seng secara alami terikat pada mineral lain dan biasanya mudah diserap.


Dalam suplemen, bentuk chelated biasanya dianggap paling mudah diserap, dan bentuk ini biasanya diakhiri dengan "makan" seperti seng glukonat, seng asetat, dan seng sitrat.


Seng Total vs. Seng Unsur

Dalam suplemen, jumlah total seng mungkin juga tidak secara akurat mewakili jumlah unsur seng yang tersedia secara hayati (yang mengacu pada RDA).


Dr. Mercola menjelaskan bahwa RDA untuk seng (tercantum dalam grafik di atas) mengacu pada seng unsur dan bahwa setiap bentuk seng dapat mengandung persentase unsur seng yang berbeda.


Informasi ini harus (tetapi tidak selalu) terdaftar di wadah suplemen.

Sebagai contoh, seng sulfat (garam seng dan bukan salah satu bentuk yang paling mudah diserap) hanya mengandung unsur seng 23%, yang berarti dibutuhkan hampir 200 miligram untuk mencapai batas harian atas untuk bentuk ini dan hanya mengonsumsi 8 yang disarankan. 12 miligram seng sulfat per hari hanya akan menghasilkan sebagian kecil dari jumlah yang disarankan sebenarnya .


Zat lain dalam makanan atau minuman (seperti kafein dan fitat) dapat menghambat penyerapan seng, jadi jika makanan atau suplemen seng dikonsumsi dalam beberapa jam setelah makanan yang mengandung suplemen ini, penyerapannya dapat terhambat.


Bagaimana Saya Melengkapi Seng

Seperti yang saya katakan, saya mengonsumsi seng tambahan setelah berkonsultasi dengan dokter dan saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pendekatan yang tepat bagi keluarga Anda. Inilah yang saya lakukan, jangan bingung dengan nasihat medis:


Saya mengonsumsi makanan kaya nutrisi. (Anda tidak bisa melengkapi diet yang buruk!)

Bagi saya:  Dulu, saya mengonsumsi zinc citrate yang diimbangi dengan vitamin C dan B6  atau prenatal ini yang mengandung 20 mg zinc. (Prenatal khusus ini juga memiliki bentuk vitamin B bermetilasi berkualitas tinggi yang penting bagi mereka yang mengalami mutasi MTHFR ).

Saya juga suka yang ini hanya seng sitrat . Saya baru saja mengonsumsi vitamin C dan / atau vitamin B6 tambahan jika suplemen seng tidak memilikinya.


Untuk keluarga saya: Saya menyimpan tablet seng dosis rendah dengan vitamin C  di tangan untuk meredakan pilek dan flu, karena ini tampaknya membantu meringankan gejala dan bahkan anak-anak menyukainya.


Untuk anak-anak yang lebih tua / suami saya, kami mengonsumsi permen seng 30 mg seperti ini. Mereka juga dapat dengan mudah dipecah menjadi dua untuk anak-anak yang lebih kecil.


Sekali lagi, ini hanya pengalaman pribadi saya dan penting untuk berbicara dengan profesional yang berkualifikasi sebelum melengkapi dengan nutrisi apa pun, terutama seng dan terutama di atas jumlah maksimum harian yang direkomendasikan.


Intinya

Seng adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk ribuan alasan, tetapi seperti semua hal baik dalam hidup, moderasi adalah kuncinya.


Meskipun kekurangan seng yang parah tidak umum di negara maju, terdapat semakin banyak bukti bahwa kekurangan seng tingkat rendah mungkin lazim dan dapat mempengaruhi kesehatan kulit, mata, rambut, dan kekebalan.


Dengan bimbingan dokter atau praktisi yang berkualifikasi , orang-orang tertentu dapat memperoleh manfaat dari peningkatan makanan atau suplemen zinc sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kekebalan tubuh.


Diperlukan lebih banyak penelitian, terutama tentang peran seng untuk kesuburan dan selama kehamilan karena penelitian pendahuluan menunjukkan potensi seng untuk mengurangi kemungkinan persalinan prematur, preeklamsia, dan berat lahir rendah.

LihatTutupKomentar